Singapore, Kuala Lumpur, Bangkok, Korea, Japang, China, Beijing, Shanghai, Xiamen, Hangzhou, Hongkong, Macau, Shenzhen, Amerika, Eropa

Kamis, 15 Maret 2012

Wisata Jalan La Rambla Barcelona

La Rambla adalah tempat yang menjadi kunjungan wajib anda jika pergi ke Barcelona. Ini adalah jalan yang paling terkenal di Spanyol bahkan Eropa. Di kedua jalan pejalan kaki ini ada dua ruas jalan sempit  untuk kendaraan umum tetapi hanya untuk  jalan satu arah.
Justru jalan tengah dimana adalah jalan untuk pejalan kaki hampir tiga kali lipat dari lebar jalan mobil. Jalan ini menjadi indah karena barisan pohon-pohon besar dikedua sisi. Jenis kayu ini adalah pohon ‘plane tree’ yang biasa dipakai naungan untuk taman-taman.
La Ramla bisa diartikan sebagai beberapa jalan pendek, yang masing-masing punya nama dari nama jamaknya Les Rambles. Jalan ini mulai dari Plaça de Catalunya sampai ke pelabuhan.  La Rambla pada siang hari menjadi sangat ramai pada puncak-puncak musim liburan. Lebih sering adalah wisatawan yang lebih banyak  daripada warga setempat.
 Untuk mencapai La rambla yang terkenal itu dari pelabuhan hanya berjarak sekitar beberapa kilometer. Keberadaan La Rambla ini tidak persis berada di pusat kota Barcelona tetapi transportasi termasuk Metro atau kereta api bawah tanah punya stasiun disini.
Pagi itu penulis tiba di La Rambla agak pagi sekitar jam sepuluh. Kota masih berkemas-kemas masih berbenah untuk menyongsong keramaian yang akan segera tiba. Para petugas kebersihan dengan mobil khusus melakukan pembersihan jalan dan pekerjanya tampak menyemprot tegel-tegel yang kotor hingga bersih. Perjalanan mulai dari arah Monumen Columbus dalam bahasa spanyolnya Monumento a colon. Ini merupakan tugu setinggi 60 meter dibangun untuk mengenang Christopher Columbus yang kembali ke Spanyol setelah perjalan terkenalnya  pertama ke Amerika.
Disepanjang jalan la Rambla ini kita bisa menikmati keindahan dan keramaian ribuan pejalan kaki yang lalu lalang menikmati aneka koleksi souvenir dan hiburan. Diantara barang-barang yang dijual dipingir jalan ini tidak terbatas pada cindra mata, buku-buku dan pakaian, juga ada penjual bunga segar kaktus hidup bahkan binatang seperti burung piaraan dan kelinci juga di jual disini.
Yang menghibur para pengunjung adalah seniman jalanan. Mulai dari patung hidup, kelelawar raksasa, pelukis potret sampai pergelaran kebolehan seorang Messi pemain terkenal dari Club FC  Barcelona.  Tentu saja mereka ini bukan pemain betulan tetapi mereka menyontek cara memainkan bola dengan gaya akrobatik. Ini dilakukan dalam petak kecil di taman dimana orang-orang lalul lalang.  Atraksi mereka untuk menarik perhatian pejalan kaki untuk mendapat sedikit rejeki.
Suhu udara cukup dingin diawal April itu sekitar 11°C. Pepohonan masih belum menunjukkan daun-daunnya karena udara belum cukup panas unntuk tumbuh. Menjelang  siang cuaca sedikit membaik. Untuk menikmati keindahan kota yang berpenduduk 3 juta ini, ada beberapa atraksi selain La Rambla. Dipenghujung jalan La Rambla adalah Plaça de Catalunya juga merupakan taman yang layak dikunjungi. Dijamin anda tidak perlu jauh-jauh berjalankaki untuk mendapatkan aneka barang mode  atau cindera mata karena disepanjang jalan ini baik dari jalan utama atau gang-gangnya semua menyediakan produk khasnya masing-masing.
Masih diseputaran La Rambla jika anda ingin menikmati suasana pasar yang rapi dan bersih, jangan lewatkan Mercat de la Boqueria. Merupakan pasar makanan yang besar mulai dari buah-buahan sayur mayur, daging segar dan daging olahan serta makanan laut bulu babi juga dijual disini. Stan Restoran cepat saji dengan bahan-bahan segar  juga ada.  
Kita bisa menikmati Barcelona dengan berjalan kaki atau dengan naik bus wisata Barcelona Tour , Barcelona Bus Turistic  atau  bisa naik sepeda yang banyak ada dikota ini untuk disewakan. Sepeda- sepeda  yang dikelola pemerintah ini disebut Bicing. Ini adalah perkembangan atraksi wisata Barcelona berwawasan lingkungan. Ada 100 stasiun sepeda diseluruh kota. Dan pemakaian selama 30  menit pertama gratis. Tentu untuk mengunjungi tempat yang sedikit jauh dari pusat kota ada Metro dengan stasiunnya melewati La Rambla. Misalnya jika anda ingin mengunjungi katedral ternama di Barcelona La Sagrada da Familia (Keluarga Suci), yang dirancang oleh Antoni Gaudi di tahun 1883 dan pembangunannya masih akan terus berlanjut dan diperkirakan akan selesai 2017 nanti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar