Singapore, Kuala Lumpur, Bangkok, Korea, Japang, China, Beijing, Shanghai, Xiamen, Hangzhou, Hongkong, Macau, Shenzhen, Amerika, Eropa

Kamis, 15 Maret 2012

Malaysia


Kita sudah tidak asing dengan slogan iklan “Malaysia truly Asia” yang sering muncul di media massa. Ini merupakan iklan yang dibuat oleh negara Malaysia untuk mempromosikanwisata Malaysia kepada turis-turis di negara lainnya. Nah, bagaimanakah kondisi wisata Malaysia sehingga bisa mengatakan dirinya adalah the truly Asia?
Malaysia adalah salah satu negara yang ada di rumpun tanah melayu, yang terkenal dengan adat istiadat serta tradisi budayanya yang unik. Ditambah, negara Malaysia juga merupakan negara semenanjung sehingga memiliki pemandangan alam yang tidak kalah indahnya dengan negara-negara lainnya. Sementara benua Asia sendiri terkenal dengan adat timur yang menjunjung tinggi nilai budaya dan istiadat, sehingga tepat jika Malaysia menggunakan slogan itu sebagai maskot pariwisata.
Secara geografis, Malaysia Indonesia adalah dua negara yang berdampingan dan sangat dekat. Malaysia Indonesia juga negara serumpun, sehingga tidak heran jika kedua negara memiliki persamaan dalam hal budaya dan juga keragaman alamnya. Selain Malaysia Indonesia, Thailand juga mempunya kondisi geografi dan budaya yang sama, sehingga tidak heran jika turis yang datang mengunjungi semua negara sekaligus.
Malaysia memiliki 13 negara bagian yang tersebar menjadi dua bagian, yaitu di semenanjung serta dua negara bagian lagi menempel di pulau Kalimantan. Jika Anda ingin berwisata ke Malaysia, hampir semua negara bagian memiliki pesona wisata tersendiri.
Negara bagian paling utara adalah Perlis. Di daerah ini, Anda bisa menikmati suasana pegunungan yang segar karena sebagian besar wilayah ini ditutupi oleh pegunungan serta kota-kota tradisional. Suasana yang sama masih akan dirasakan di Kedah, dimana Anda bisa memuaskan pandangan Anda dengan hamparan sawahnya yang hijau. Inilah satu hal yang menarik dari Kedah.
Jika Anda menginginkan wisata kuliner, maka Penang jawabannya. Salah satu negara bagian terkecil ini memberikan pengalaman kuliner yang khas, dilengkapi denganpemandangan pantai serta jembatan yang indah. Inilah satu-satunya wilayah yang memiliki teluk serta pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan.
Beberapa wisata Malaysia di negara bagian yang lain juga memiliki wisata dunia yang luar biasa. Sebut saja menara kembar Petronas yang berada di pusat kota Kuala Lumpur. Bersama kemegahan Kuala Lumpur City Centre menara raksasa ini menjadi trademark bagi Malaysia, terutama dari bidang ekonomi serta bisnis. Wisata Malaysia ini juga unik dari segi arsitektur karena menggabungkan arsitektur modern dengan gaya Islam.
Selain itu, Malaysia juga masih punya Parliament House yang terletak di Kuala Lumpur. Ini merupakan semacam tempat sejarah yang dikombinaikan menjadi taman, perpustakaan serta perkantoran yang pada hari-hari kerja akan disibukan oleh urusan pekerjaan.
Selain wisata kota dan kuliner, wisata Malaysia juga mempunyai kawasan hutan hujan tropis yang mengundang adrenalin. Hutan hujan tropis ini berada di negara bagian Serawak yang menjadi satu dengan pulau Kalimantan. Pemandangan pantai di sepanjang utara pulau Kalimantan ini juga indah, dipenuhi dengan koral serta berbagai binatang laut Cina selatan.
Pemerintah Malaysia memanjakan wisatawan dengan berbagai fasilitas wisata seperti akomodasi dengan harga yang kompetitif. Wisatawan bisa memilih akomodasi yang sesuai dengan anggaran mereka, mau yang standar internasional di sekitar Batu Feringgi, Penang ataupun hotel beranggaran rendah. Transportasi juga mudah, pemerintah menyediakan kemudahan dengan bus antar kota serta fasilitas jalan-jalan yang mendukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar