Singapore, Kuala Lumpur, Bangkok, Korea, Japang, China, Beijing, Shanghai, Xiamen, Hangzhou, Hongkong, Macau, Shenzhen, Amerika, Eropa

Kamis, 15 Maret 2012

Beijing

Great Wall
bz!plesirPasti ini yang bakalan jadi tujuan paling favorit. Ada beberapa spot menarik bagi turis. Lokasi paling dekat dengan Beijing adalah ‘Great Wall Badaling’, sekitar 70 km ke arah barat laut. Karena jaraknya yang paling dekat maka mayoritas turis akan datang ke tempat ini. Tempat ini bisa penuh sesak pada saat musim panas karena merupakan Peak season.
Seandainya beberapa dari kita ingin mengunjungi spot Great Wall yang tidak terlalu ramai, lokasi yang paling nyaman adalah ‘Great Wall Simatai’ sekitar 130 km timur laut Beijing. UNESCO menyatakan Great Wall sebagai World Heritage setelah melakukan kunjungan ke Simatai ini. Jadi spot Simatai sepertinya harus jadi bagian dari jadwal wisata kita. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Great Wall adalah pada saat musim gugur dan musim dingin karena cuaca relatif lebih bersih dan pemandangannya lebih “berwarna” walaupun pastinya dingin.
Great Wall dibangun sepanjang 6700 km dari Teluk Bohai di timur Beijing sampai Jiayuguan Pass di Propinsi Gansu, China bagian tengah mulai tahun 700 SM pada jaman Dinasti Zhou. Jarak dari Teluk Bohai ke Jiayuguan Pass sendiri ‘hanya’ 3000 km tapi Great Wall punya panjang lebih dari dua kalinya jarak tersebut karena dia dibangun tidak dalam garis lurus. Tujuan awal pembangunan dinding ini adalah sebagai penghalang bagi kuda-kuda. Maksudnya ketika orang-orang semi-nomadic dari utara China mencuri kuda-kuda dari daerah Beijing, kuda-kuda tersebut tidak akan bisa melewati dinding ini. Jadi pencuri tersebut akan meninggalkan kuda-kuda dan barang-barang curian lainnya, begitu bertemu dinding ini. Selain itu dinding ini pun mempunyai banyak menara untuk gudang makanan dan gudang senjata.
Sebuah kejutan terjadi di tahun 2003 ketika astronot pertama China menyatakan bahwa dia tidak bisa melihat Great Wall dari angkasa, tidak seperti pernyataan yang sebelumnya beredar di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar